Sabtu, 09 April 2016

Kapal Pengangkut pupuk impor dari china kandas di gresik

Kapal MV Anda Raya bermuatan 44 ribu ton pupuk NPK impor asal Tiong- kok kandas di Perair- an Gresik. Kapal ter- sebut kandas setelah menabrak pulau ka- rang di buoy merah 20 atau sebalah Utara Pe- labuhan PT Smelting. Berdasarkan catatan manifest kapal, MV Anda Raya berlayarberasal dari Hongkong menuju pelabuhan DUKS di Kecamatan Ke- bomas. Kapal ini menabrak pulau karang sejak Selasa lalu hingga kemarin. Kapal yang sempat tran- sit di Singapura ini akan mengantar pupuk impor ke salahsatu per- usahaan multinasional di Gresik.

Kasubag TU dan Humas Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik, Nanang Affandi menyebutkan, MV Anda Raya memiliki panjang 190 meter dan lebar 32 meter dengan bobot 27.763 ton. Kapal ini kandas di titik koordinat 7 derajat 08.189 s dan koor- dinat 122 dearajat 39.641 e terdapat sebush gundukan di dasar laut.http://kursrupiah.net/optimalkan-produksi-hulu-ke-hilir-pertamina-integrasikan-rantai-bisnis-gasnya/2135/

Dijelaskan, hingga kini pihaknya belum bisa memastikan penyebab kandasnya kapal besar tersebut. Selama 2016 ini belum pernah ada kapal yang kandas. Bahkan, untuk lokasi kandasnya kapal KM Mv Anda Raya ini sering dilalui kapal yang lebih besar.

“Kami masih melakukan pemerik- saan dan penelitian mengenai penyebab kandasnya kapal. Belum beranimemastikan,” ujar Nanang Affandi. Dikatakan, untuk mengaman- kan jalur pelayaran, awalnya Pe- lindo III Cabang Gresik dan agen kapal hendak menarik kapal de- ngan menunggu laut pasang ter- tinggi. Namun, karena hal tersebut tak kunjung datang, maka batal dilakukan.

“Ya, karena pemilik kapal sudah meminta agar muatannya dikura- ngi,maka tidak jadi ditarik. Nanti su- dah disiapkan kapal untuk mengang- kut sebagian muatan agar bebannya berkurang, bisa jadi kapalnya bisa agak naik,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar