Sabtu, 09 April 2016

PT Pal bangun 3500 unit kapal penangkap ikan bersma galangan kapal nasional

PT PAL Indonesia mulai menggarap sejumlah kapal penangkap ikan senilai Rp  2,7  triliun.  Kapal  ini  merupakan pesanan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) yang ditandata­ngani sejak November 2015 silam. “Saat ini sudah mulai kami kerjakan, dan desainnya sudah masuk e-catalog un tuk membangun 3.500 kapal tang­kap ikan milik nelayan,” kata Direktur Utama PT PAL Indonesia, Firmansyah Arifin   kepada   Radar   Surabaya, kemarin (8/4).
Firman  menambahkan,  dari  total 3.500 unit kapal ini tidak sepenuhnya dibangun di PAL Indonesia, melainkan melibatkan 1.500 perusahaan galangan kapal  seluruh  Indonesia.  Sehingga PAL  Indonesia  tidak  mengerjakan seluruh kapal milik Kementerian KKP. “Kami  akan  berkoordinasi  dengan perusahaan  galangan  kapal  nasional untuk merealisasikan pengadaan kapal tersebut.  Bagi  perusahaan  galangan kapal yang berminat, wajib mendaftar di e-catalog , dan nantinya masing masing perusahaan ini akan mengerjakan kapal sesuai spesifikasi,” urai mantan Direktur Utama PT DPS itu. http://kursrupiah.net/makin-bergairah-ekonomi-nasional-diprediksi-tumbuh-52-tahun-ini/2827/
Selanjutnya,  setelah  kapal  tersebut selesai dibangun, akan diserahkan ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) untuk dilelang kepada nelayan yang berminat. Sementara   desain   kapal   yang dikerjakan PAL Indonesia ini mayoritas berbobot 5-10 Gross Tonage.
“Sedangkan kapal nelayan yang lebih kecil dikerjakan perusahaan galangan kapal   yang   menjadi   mitra   kami, semisal ukuran 3 GT,” ungkapnya.  Terpisah  Kepala  Humas  PT  PAL Indonesia Bayu Wicaksono menyatakan target pembuatan kapal tahun ini harus tuntas   30   persen.   “Target   secara keseluruhan  harus  berakhir  di  tahun 2017,  sementara  tahun  ini  harus  bisa menyelesaikan 30 persen dari total kapal yang dipesan Kementerian KKP,” ungkap­nya saat dikonfirmasi terpisah.

sumber; radar surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar